Jakarta - Honda Brio diluncurkan Agustus 2012 dan di hadirkan di masyarakat dengan fitur yang tak murahan.
Generasi Honda Brio dihadirkan
dengan 6 level trim, Satya A, Satya S, Satya E, S, dan E yang dibuat secara
lokal dengan mesin 1.2L. Sedangkan Honda Brio Sport diimpor langsung dari
Thailand berbekal mesin 1.3L. Namun penjualannya dihentikan pada Desember 2013.
Honda Brio hadir di Indonesia dengan tampilan facelift di tahun 2016 di perhelatan
Indonesia International Motor Show.
Event Gaikindo Indonesia
International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi ajang buat Honda meluncurkan generasi kedua mobil ini. Hanya saja ada
sentuhan tambahan seperti grille, bagasi, serta tampilan baru lampu depan dan
belakang.
Dan produksi Honda di
Indonesia ini diekspor ke luar negeri. Hingga membuat catatan Honda
Brio di ASEAN, termasuk Vietnam dan Thailand dikirim dari Indonesia.
Harga
Honda Brio
Harga Honda Brio
RS M/T Rp 178,30 Juta
2021 RS M/T Urbanite Edition Rp 185,80 Juta
RS CVT Rp 192,70 Juta
2021 RS CVT Urbanite Edition Rp 200,20 Juta
Spesifikasi
Honda Brio
Mesin Honda Brio |
||
Tipe |
L12 B 1.2L SOHC 4-silinder segaris
i-VTEC + DBW |
|
Honda Brio Satya E M/T |
Rp 158.000.000 |
|
Isi Silinder |
1.199 cc |
|
Tenaga Maksimum |
88.5 dk @ 6.000 rpm |
|
Torsi Maksimum |
110 Nm @ 4.800 rpm |
|
Transmisi |
Manual 5-percepatan dan CVT
otomatis |
|
Sistem Penggerak |
Front-wheel-drive |
Kaki-Kaki dan Suspensi Honda Brio |
||
Suspensi Depan |
MacPherson Strut |
|
Suspensi Belakang |
H-Shpae Torsion Beam |
|
Rem Depan/ Belakang |
Ventilated Disc/ Drum |
|
Velg |
Allow 14 inci |
Eksterior
Honda Brio
Mari Kita bahas tentang ekterior
dari varian ini Honda Brio
Satya dan RS. pada Satya S untuk bagian pelek berbahan kaleng, Desain
pelek antara Honda Brio Satya E dan
Honda Brio Satya S juga berbeda, dimana tipe E terlihat lebih menarik dengan
desain aerodinamis untuk membantu mengurangi hambatan udara selama berkendara.
Membahas tampilan belakang, sentuhan Honda Brio mempunyai antenna
shark fin walaupun pintu belakang tidak dilengkapi dengan wiper belakang. Ada
pula body spoiler dengan LED mount stop lamp sampai rear combination lamp.
Dan di bagian bawah dari eksterior
belakang Honda Brio Satya E itu terlihat polos mengikuti warna bodi. Ada sedikit
polesan Honda Brio RS yang sudah mendapatkan bumper garnish
dengan aksen diffuser untuk tampilan yang lebih sporty.
Interior Honda Brio .
Untuk bagian desainnya pada Dashboard
hadir dengan tema single tone hitam dengan sentuhan garis berwarna silver
melintang. Dan aksen tersebut dihilangkan pada Honda Brio Satya tipe E.
Ada head unit 2DIN dengan fitur USB
port, radio, yang bisa terkoneksi dengan iPhone dan iPod serta hands free
telephone. Untuk memudahkan Anda selama berkendara, Honda Brio juga sudah
mendapatkan sistem pendingin AC Digital.
Setir multi-fungsi untuk pengaturan
audio dan telepon hand-free hanya tersedia pada Honda Brio E yang lebih tinggi.
Hanya saja kenyamanan berkendara berkurang dikarenakan Brio hanya memiliki
pengaturan tilt, dan belum telescopic.
Dimensi Honda Brio Satya memang
dibuat kompak, tetapi tak membuat ruang kursi belakang terbilang sempit. Memang
tak terlalu lapang, tetapi bisa menampung hingga tiga orang dengan cukup
nyaman. Meskipun di atas kerta, Honda Brio memang dipasarkan untuk lima
tempat duduk.
Fitur Keselamatan
Sistem keselamatan yang diberikan
memang tak selengkap mobil lainnya yang lebih mahal. Tetapi varian terendah
Honda Brio Satya S sudah
mendapatkan Dual Front SRS Airbags dan struktur rangka bodi G-CON + ACE sebagai
sistem keselamatan pertama selama berkendara.
All new Honda Brio Satya juga sudah
mendapatkan fitur keselamatan yang cukup mumpuni pada segmennya. Fitur
keselamatan aktif yang bisa Anda dapatkan yaitu sistem pengereman Anti-Lock
Braking System dengan Electronic Brake Distribution (EBD).
Baru pada Honda Brio Satya E M/T
dan CVT Anda bisa
mendapatkan door lock otomatis serta sistem alarm dan keyless entry. Anda juga
mendapatkan seatbelt reminder untuk pengemudi dan pretensioner pada kursi baris
kedua.
Mesin dan Performa
Honda Brio memang dipasarkan sebagai
mobil perkotaan. Karena itu mesin yang digunakan tak terlalu besar. Honda Brio
Satya masih menggunakan mesin 1.2L 4-silinder i-VTEC yang menawarkan bahan
bakar yang irit serta pengalamanan berkendara yang menyenangkan khas Honda.
Performa
dan handling Honda Brio
Dengan transmisi manual memang lebih
murah. Tetapi kombinasi transmisi CVT dan mesin 4-silinder membuat tarikan
bawahnya responsif walaupun tidak begitu bertenaga. Tapi Honda membatasi
kecepatan tertingginya secara elektronik menjadi 145 km/jam.
Jika melihat masalah handling, tak
bisa disangkal bahwa Honda Brio RS terbilang
lebih presisi dibandingkan Honda Brio Satya. Dimana RS mengandalkan ban
Bridgestone Potenza yang lebih lebar dan lebih besar.
Konsumsi
BBM Honda Brio
Untuk Honda di pasok dengan mesin 1.2L memberikan efisiensi bahan bakar
yang lebih hemat dengan bantuan teknologi i-VTEC dan DBW. Honda sendiri
mengklaim perbandingan kompresi Honda Brio mencapai 10,1:1.
0 comments:
Posting Komentar